Sabtu, 24 Oktober 2009

membuat jaringan internet dikomputer kita

VIRTUAL MACHINE SEBAGAI ALTERNATIV MEMPELAJARI NETWORKING


Virtual machine atau sering akrab disapa mesin virtual adalah sebuah computer virtual, yang sebetulnya hanya sebuah file didalam hardisk kita. Untuk membuat mesin virtual dibutuhkan software aplikasi tambahan yang digunakan untuk digunakan lingkungan virtual antara mesin computer dengan system operasi,artinya, seollah-olah ada computer lain didalam computer lain yang sesungguhnya ( menjalankan Operating System(OS) didalm OS ). Misalnya,computer anda berisi Windows XP, kemudian anda ingin mencoba bebrbagai Distro linux seperti redhat, Mandriva, atau Ubuntu. Agar menjalankan OS tadi secara bersamaan, kita dapat menggunakan aplikasi mesin virtual sehinga kita dapat menjalankan OS seprti layaknya menjalankan aplikasi biasa. Dalam satu virtual machine, kita bias menjalankan banyak OS lain. Pada mesin virtual dikenal istilah host OS ( OS tuan rumah) dan guest OS(OS tamu). Host OS adalah system operasi utama kit, sedangkan guest OS adalah OS yang berjaln diatas virtual machine. Untuk menjalankan aplikasi inipun memerlukan spesifikasi computer yang cukup tinggi, minimal PIV 1,7 GHz dengan memory 512MB dan OS minimal W2indows 2000 profesional.
Umumnya mesin virtual ini digunakan oleh progamer sebagai mesin untuk men-test progam aplikasi yang dibuat apakah dapat berjalan di SO windows atau linux, mengenal’’bugs’’progam, dan lain sebagainya. Untuk yang mau belajar jaringan pun dapat menggunakan ap[likasi mesin virtual ini, sehingga tidak perlu menggunakan dua PC atau lebih untuk menghubungkan WorkGroup ataupun server. Bperalatan hardware jaringan lainya pun seperti switch atau hub dapat dibuat ‘’virtual’ tanpa harus menyediakan switch secara fisik
Aplikasi mesin virtual ini banyak tersedia baik yang gratis maupun yang bayar. Yang ‘’free’ diantaranya virtual box dari inotek GmbH,XenExperess dari Xen Source, VMware server 1.0 dari VMware dan Virtual Iron. Sedangkan yang berbayar adalah pararels system, VMware Workstation dari VMware dan Microsoft Virtual PC dari Micrososft.

Membangun jaringan menggunakan virtual machine

Untuk membangun dan menghubungkan jaringan pada mesin virtual yang perlu anda siapkan adalah aplikasi virtual machine dalam hal ini kita menggunakan virtualbox yang gratis dan dapat diunduh http://www.virtualbox.org, konektor RJ45 dan kabel Bolden 15cm. pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal aplikasi VirtualBox, untuk instalasinya dapat mengikuti petunjuk instalasi aplikasi tersebut. Setelah instalasi virtual box ,selanjutnya adalah dengan mengkonfirgulasi seting jaringan. Pada VirtualBox terdapat 4pilihan untuk mengkonfirgulasi jaringan.yaiutu Not attaced Network Adress Translation (NAT),Host Interface Networking, Internal Networking. Umumnya konfirgulasi default yang digunakan adalah Network Adress Translation (NAT) dimana mesin virtual secara otomatis memberikan alamat ip dimana kartu jaringan virtualnya juga bertindak sebagai router sehingga dapat langsung terhubung dengan jaringan luar (internet) apabila computer host terkoneksi dengan internet. Untuk membentuk suatu jaringan yang berdiri sendiri anmda dapat memilih Host Interface Networking dan Internal networking. Keduanya menggunakan alamt ip yang dapat disesuaikan dengan network id dari computer host,contohnya: 192.168.2.1 dan 192.168.2.2
Selanjutnya adalah menginstal-instal mesin virtual didalam virtual box. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. pada menu machine,klik new,kemudian klik next.
2. tentukan nama dari mesin virtual tersebut, kemudian pilihlah tipe OS yang akan diinstal,misalnya Windows XP.
3. tentukan berapa maksimal memory yang akan digunakan.hal ini tentu saja disesuaikan dengan memory utama yang ada, misalnya 192 MB
4. tentukan berapaq kapasitas hardisk virtual yang digunakan.terdapat 2 pilihan dalam tahap ini. Dynamically Expanding Image dan Fixed-zize image. Pilhan dynamically expanding image menggunakan ukuran hardisk virtual yang kecil tapi dapat bertambah besar sesuai dengan kebutuhan pada mesin virtual, sedangkan Fixed-Zize Image menyebabkan kapasitas hardisk virtualnya tetap sesuai dengan pilihan ukuran image pertama. Setelah itu klik tombol next dan finish.
5. setelah selesai kemudian lakukan instalasi system operasinya dalam hal ini Windows XP.
6. Ssetelah selesai instaalasi Windows XP, anda tinggal menentukan alamat ip. Langkahnya adalah klik menu start,control panel, networking, properties.masukan alamat ip yang diperlukan. Klik OK 2X.

VIRTUAL BOX MENJALANKAN SO WINDOWS

Setelah kedua so telah aktif, yaitu SO pada Host dan SO pada Guest, saatnya menghubungkan keduanya dengan sebuah Switch. Pada kondisi sesnugguhnya biasanya Switch ini terdiri dari 8 port,16 port atau 24 port dimana masing- masing port menandakan banyaknya computer yang terhubung pada jaringan. Bagaimana kalau anda tidak memiliki switch? Bkita dapat membuat ‘’virtual switch’’dengan menggunakan sebuah konektor RJ45 dan 15 CM kebel UTP. Yang diperlukan adalh sebuah konektor yang sudah terpasang dengan kabel utp serta pada ujung kabel yang tidak terpasang dengan konektor tersebut dihubungkan sesuai dengan kombinasi kabel cross yaitu pin 1 dan pin 3 kemudian pin 2 dengan pin 6 digabung, dan kabel yang lainya menjadi satu. Contohnya terlihat pada gambar.
Lakukan perintah pingpada command prompt untuk men-test koneksi jaringan, apakah terhubung atau tidak.


Selamat mencoba !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar